Peluang BisnisPertanian

Peluang Usaha di Bidang Pertanian Sayuran Modern

Peluang Usaha di Bidang Pertanian Sayuran Modern

Pertanian Sayuran Modern – Perkembangan zaman menekan para calon pengusaha untuk selalu terus ber inovasi menghadirkan produk terbaru yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Teknologi juga tak luput dari perkembangan zaman, dari tahun ke tahun banyak teknologi yang terus di kembangkan, khususnya di bidang pertanian. Petani jaman sekarang banyak yang menggunakan teknologi untuk mempermudah proses kerja ketika di ladang.

Dari hal diatas sudah terlihat, bahwa peluang usaha yang berhubungan dengan pertanian di jaman modern ini sangat menguntungkan, bisa di bilang prospek usaha pertanian modern sangat cerah, karena mengingat pertanian adalah sumber pangan utama yang harus selalu dipenuhi setiap harinya. Membuat para petani terus mencari inovasi terbaru yang bisa mengembangkan serta mempermudah pekerjaan di ladang mereka.

Mungkin anda berpikir bahwa bertani hanya bisa di lakukan di desa saja. No, pada jaman serba canggih ini manusia telah menemukan cara bercocok tanam di kota besar. Misalnya saja di China, ada sebuah kota yang mayoritas petaninya bercocok tanam jenis padi di atap rumah mereka. Kok bisa ya?, ini buktinya :

 

Meski inovasi diatas terbilang sangat sederhana, tetapi masih belum pernah kita pikirkan sebelumnya bukan?. Bagi anda yang ingin memulai usaha di bidang pertanian sayuran modern, dibawah ini ada beberapa contoh usaha yang berhubungan dengan menanam sayuran modern.

1. Menanam Sayuran Organik

Saat ini banyak sekali petani yang menggunakan cara menanam sayuran dan buah buahan dengan cara Hidroponik atau biasa kita sebut sebagai Organik. Banyak sekali petani nakal yang menggunakan cairan pestisida, supaya panen mereka terlihat bagus, serta tidak di serang hama ulat. Padahal masyarakat ingin sekali makan sayuran yang sehat tanpa ada cairan pestisida.

Di sisi banyaknya petani yang menggunakan cairan pestisida sebagai media pembantu hasil tani yang didapat, bagaimana jika anda memulai usaha menanam sayuran organik yang sehat dan bebas bahan pengawet dan pestisida?. Banyak sekali perusahaan besar yang membutuhkan pasokan sayuran organik setiap harinya, misalnya saja Giant, Carrfour, Hyper Mart, Superindo dan masih banyak lagi.

Kelemahan menanam sayuran organik adalah terletak cara pengolahannya, Sebelum anda memulai menanam sayuran organik pastikan anda mempelajari banyak hal tentang sayuran tersebut, Modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini sangat besar.

 

2. Menjual alat dan mesin Pertanian

Mendengar yang namanya mesin, sudah pasti membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Tidak!, usaha ini bisa dilakukan dengan modal sedikit bahkan modal dengkul sekalipun, alias tanpa modal.

Mengingat kebutuhan pokok makanan di Indonesia semakin meningkat, menjual alat dan mesin pertanian bisa dijadikan sebagai peluang usaha.Metode yang bisa anda lakukan untuk memulai usaha ini adalah dengan cara bekerja sama dengan perusahaan yang menjual mesin dan alat pertanian, atau bahasa keren nya Resseler atau Marketing lepas mereka. Caranya buat list terlebih dahulu alat pertanian yang mau anda jual, setelah itu carilah toko yang menjual perlengkapan tersebut, tawarkan diri anda untuk bekerja sama dengan mereka. Komisi yang anda dapat bisa dari pemilik toko, atau anda bisa menaikan sedikit dari harga yang ditetapkan oleh toko.

Harganya pasti mahal, dan tidak semua petani Indonesia mampu untuk membelinya. Benar, tapi di masa depan nantio kebutuhan pangan akan semakin meningkat, mau tidak mau petani dan pemerintah Indonesia memerlukan alat bantu yang canggih, supaya kebutuhan pangan tetap stabil.

3. Menjual Pupuk

Bisnis ini sangat laku keras jika anda menjualnya di daerah pedasaan yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai bertani. Yang namanya bertani di perkebunan, pasti tidak mungkin membeli pupuk hanya 1 atau 2 Kg saja, bahkan bisa berton ton banyaknya. Kalau di Kota besar juga bisa menjalankan usaha ini, karena kebanyakan orang yang tinggal di kota besar suka merawat tanaman Hias, dan pasti membutuhkan pupuk juga supaya bisa tumbuh subur.

Sudah jelas bahwa bisnis ini sangat menguntungkan, ditambah lagi jika anda mampu membuat pupuk sendiri dan di beri label dari anda sendiri.

4. Menjual Bibit

Bibit adalah hal utama yang harus di siapkan oleh para petani sebelum menanam. Bisnis ini mungkin akan susah dijalankan, karena mengingat pesaing yang tinggi dan banyak perusahaan besar yang aktif memberikan pasokan bibit kepada para petani. Tenang, bukan berarti anda tidak bisa sukses menjalankan usaha ini, tetaplah semangat, jangan menyerah, terus berusaha supaya anda bisa mencapai kesuksesan menjalankan bisnis bibit ini.

Cara mudah untuk bersaing dengan perusahaan bibit lain adalah, buatlah produk yang anda jual lebih unik dan lebih berkualitas, temukan kekurangan dan kelebihan produk yang mereka jual, kemudian modifikasi kekurangan dan kelebihan tersebut menjadi suatu hal yang unik yang ada di toko bibit anda.

 

5. Menyediakan Jasa Perantara Ekspor Bahan Pertanian

Saat ini belum banyak orang yang menjalankan bisnis ini, dikarenakan kurangnya pengalaman dan pemahaman tentang hal Ekspor. Karena masih sedikit orang yang memulai usaha ini, bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang minim pesaing. Yang di butuhkan untuk memulai usaha ini harus mempunyai jiwa kepemimpinan dan komunikasi yang baik.

Demikian wacana mengenai Usaha di Bidang Pertanian Sayuran Modern yang menjanjikan, semoga bisa menjadi bahan pembelajaran anda dalam memulai usaha di bidang pertanian.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button