modal usahaUncategorized

4 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

4 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

cara mendapatkan modal usaha
cara mendapatkan modal usaha

Cara mendapat modal usaha – Hambatan bagi banyak orang yang ingin memulai suatu usaha adalah kurangnya modal. Sudah punya rencana yang matang untuk mendirikan suatu usaha tertahan karena kurang atau tidak adanya modal untuk segera memulai bisnis. Tanpa adanya modal seperti mimpi yang tidak pernah bisa terwujud.

 

Untuk menggapai kesuksesan ada 1000 jalan yang sudah Tuhan sediakan untuk setiap manusia, jadi jangan putus asa jika ingin menggapai kesuksesan. Jika anda pernah membaca artikel saya tentang Willam Tanuwijaya CEO Tokopedia, seorang pengusaha sukses yang dari nol. Dalam artikel tersebut William juga menerangkan bahwa kendala yang ia alami ketika memiliki ide Tokopedia yaitu modal. Modal yang di butuhkan untuk membangun Tokopedia sangat besar, modal tersebut ia dapat dari Investor asing yang bersedia bekerja sama dengannya.

Mendapatkan modal usaha mungkin mudah jika anda mengajukan pinjaman di bank atau Koprasi, tapi pinjaman tersebut harus di kembalikan, yang mungkin akan memberatkan anda jika mungkin usaha anda tidak berjalan dengan lancar. Nah jika anda memiliki ide untuk menjalankan sebuah usaha tapi terhenti karena tidak adanya modal, berikut dibawah ini adalah artikel tentang cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan.

1. Menjual Aset

Jika anda mempunyai aset tanah, properti, kendaraan atau emas, mengapa tidak anda jual saja untuk modal usaha. Tidak ada salahnya jika anda menjual aset untuk keperluan usaha anda. jika bisnis anda berhasil anda bisa membelinya lagi. Namun harus anda pertimbangkan yang lebih matang sebelum menjual aset anda. Jika anda tidak ingin kehilangan aset tersebut, ada baiknya anda gadaikan saja asalkan harus bisa membayar dari hasil usaha yang anda jalankan.

2. Menyisihkan Tabungan

Jika saat ini anda bekerja di perusahaan lain, cobalah untuk memulai menabung untuk menjalankan usaha di kemudian hari. Dengan menyisihkan tabungan, anda akan lebih mandiri dalam memulai bisnis tanpa harus menggantungkan modal pada orang lain, karena uang tabungan adalah uang anda pribadi. Namun anda harus sabar menunggu sampai tabungan anda terkumpul.

3.  Mengikuti Ajang kejuaraan Bisnis

Cara lain untuk mendapatkan modal adalah dengan cara mengikuti kejuaraan bisnis. Kejuaran ini pernah diadakan oleh salah satu iklan Rokok terbesar di Indonesia yang menghadiahkan modal usaha 1 miliar bagi sang pemenang. Tapi tidak mudah untuk menjadi pemenang dalam ajang ini, ide usaha anda harus unik dan menarik supaya para juri bisa tertarik untuk memilih anda sebagai juara.

4.  Mencari Investor

Sama seperti yang di lakukan Oleh Willam Tanuwijaya Bos Tokopedia adalah mencari Investor dalam memulai usahanya.Namun mencari Investor tidak semudah yang kita kira, pada investor tertarik dengan ide bisnis menarik dan memiliki prospek cerah serta tingkat keberhasilan tinggi. Ada beberapa hal yang harus anda pelajari sebelum mencari investor seperti berbicara yang baik, penyampaian dengan presentasi.

5. Mendapatkan modal dari situs penggalang dana

Untuk mendapatkan modal usaha ada cara yang lebih mudah lagi, hanya dengan laptop dan koneksi internet saja. Yaitu dengan cara mencari modal lewat situs penggalang dana seperti Crowdfunding, jelaskan tentang usaha anda di situs tersebut, jika ada donatur yang tertarik ingin membantu anda, anda akan mendapat modal yang mungkin hanya sedikit, banyak modal yang anda dapatkan tergantung dari banyaknya orang yang menggalang dana untuk anda.

Itulah 2 cara mendapatkan modal untuk usaha yang bisa anda dapatkan tanpa jaminan. Tapi berhati -hatilah, karena banyak oknum yang tidak bertanggung jawan memanfaatkan situasi seperti ini dengan cara menipu dengan imingan pinjaman dana, Jika demikian jangan percaya dengan orang ingin memberi anda pinjaman modal tapi anda harus memberi uang muka terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button