Peluang Bisnis

Cara Membuka Usaha Toko Sembako Yang Sukses

Cara Membuka Usaha Toko Sembako Yang Sukses

Cara Membuka Usaha Toko sembako adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan dan tak akan lekang oleh waktu. karena sembako berhubungan dengan kebutuhan pokok sehari-hari. Semua orang bila ingin membeli kebutuhan sandang dan pangan 70% pasti pergi ke toko sembako. Oleh alasan itulah mengapa membuka toko sembako adalah bisnis yang sangat menjanjikan, meskipun usaha ini bukan suatu hal yang baru dan banyak sekali pesaing nya.

 

Jika anda tertarik untuk memilih toko sembako sebagai peluang usaha anda, lebih baik anda harus mengetahui beberapa hal sebelum memulainya supaya anda tidak kebingungan dalam menjalankan usaha ini. Kata SEMBAKO adalah kepanjangan dari “Sembilan Bahan Pokok”, yang menurut keputusan menteri perdagangan tahun 1998.

  • Beras, Sagu dan Jagung
  • Gula Pasir
  • Sayuran, dan buah-buahan
  • Daging Ikan, ayam dan sapi
  • minyak gorang serta margarin
  • Susu
  • Telur
  • Minyak Tanah atau Gas Elpiji
  • Garam

Walaupun terlihat mudah, namun usaha ini tetap membutuhkan ketekunan yang ekstra dan berbagai macam perhitungan supaya anda tidak mengalami kerugian. Beberapa langkah yang bisa menunjang kesuksesan toko sembako anda adalah :

1. Modal

Jika anda sudah mempunyai rencana dan tekat yang besar untuk memulai usaha. Tanpa adanya modal anda tidak akan bisa memulai usaha yang akan anda jalankan. Jika anda tidak memiliki modal, anda bisa melakukan pinjaman atau mengajukan bantuan dari pemerintah.

2. Tentukan Lokasi yang strategis

 

Tidak bisa di pungkiri, bila ingin membuka usaha apapun langkah pertama yang harus dipikirkan adalah lokasi. Karena kesuksesan usaha ditentukan dari lokasi yang dipilih. Namun bagaimana memilih lokasi yang tepat untuk usaha toko sembako?. Pilih lokasi dengan tempat parkir yang memadai minimal untuk mobil. Perhatikan juga berapa jumlah pesaing yang ada di sekitar tempat tersebut. Lebih ideal lagi anda memilih tempat yang sedikit pesaing nya.

3. Tentukan barang yang ingin anda pasok

 

Sebelum menentukan barang apa saja yang ingin anda jual, cobalah untuk me riset pasar dengan cara menanyai teman atau tetangga anda seperti beras minyak atau gula merek apa yang sering mereka gunakan tanyakan juga apa alasan mereka menggunakan produk itu. Jika anda sudah mencatat beberapa barang yang akan anda beli, pergilah ke pemasok sembako atau agen besar untuk mendapat harga yang lebih murah.

4. Tempatkan barang anda secara rapi dan tertata

Pelanggan menyukai tempat yang bersih dan rapi. Maka anda harus menjawab kebutuhan pelanggan yang satu ini. tata lah tempat, barang anda dengan rapi supaya pengunjung bisa melihat dan mencari barang yang ia butuhkan. Untuk mengetahui bagaimana contoh penataan nya, silahkan baca “7 Desain Toko Sembako yang menarik”

5. Sediakan layanan pendukung

Untuk menjalankan usaha toko sembako anda harus pintar memberikan layanan pendukung kepada pelanggan. Salah satunya dengan cara ramah dan murah senyum terhadap pengunjung. Anda juga bisa memberikan layanan gratis kirim sembako ke rumah pembeli jika total pembelanjaan melebihi 100 ribu. Masih ada banyak layanan pendukung yang bisa anda terapkan untuk toko anda, tinggal bagaimana anda terus mencari ide untuk mengembangkan toko anda.

Itulah beberapa informasi yang bisa anda pelajari tentang Cara Membuka Usaha Toko Sembako Yang Sukses. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mempelajari hal dibidang usaha mandiri. Jika anda berminat untuk menambahkan barang berupa minuman ringan untuk tambahan barang di toko sembako anda, silahkan simak Peluang Usaha Agen Minuman Ringan

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button