puyuhUncategorized

Cara Beternak Puyuh Petelur untuk Pemula

Cara Beternak Puyuh Petelur untuk Pemula

cara beternak puyuh petelur untuk pemula – Burung Puyuh adalah salah satu burung yang paling banyak di budidaya karena banyaknya manfaat yang bisa didapat. Indonesia termasuk salah satu negara penghasil burung puyuh terbaik. Dari tahun ketahun kebutuhan daging dan telur burung puyuh kian meningkat, namun sayang jumlah peternak burung puyuh di Indonesia masih sedikit, jadi bisa menjadi peluang besar anda untuk memulai bisnis di bidang peternakan.

 

Burung Puyuh di kenal sebagai burung memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi, karena terdapat banyak sekali gizi dan protein yang baik bagi perkembangan tubuh. Jika anda tertarik untuk menjadi peternak burung puyuh, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain :

  • cara beternak puyuh

1. Pemilihan Lokasi

Lokasi yang memiliki kriteria bagus untuk memulai usaha ternak burung puyuh adalah tempat yang jauh dari pemukiman penduduk. Sirkulasi udara harus bersih, untuk memperkuat daya tahan tubuh puyuh terhadap serangan penyakit. Selain itu lokasi yang di pilih harus mudah di akses oleh kendaraan minimal mobil pick up, demi melancarkan proses distribusi.

2. Persiapan sarana kandang

Burung puyuh yang hendak di ternak juga butuh tempat tinggal dengan sarana kandang yang baik, karena kandang yang kurang layak bisa membuat burung puyuh mudah stres, dampaknya adalah puyuh tidak bisa menghasilkan telur dan daging yang bagus. Suhu yang ada pada kandang juga harus di perhatikan, suhu paling ideal untuk burung puyuh adalah 20 sampai 25 derajat celcius. Untuk persiapan pembuatan kandang yang harus anda perhatikan adalah :

  • Buatlah kandang yang di khususkan untuk induk puyuh petelur, kandang inilah yang nantinya akan di gunakan untuk pembibitan, ukuran kandang luas, tinggi dan kepadatan nya tergantung dari banyaknya puyuh yang akan di pelihara
  • Buatlah kandang untuk anak puyuh, kandang ini akan di gunakan untuk anak ayam yang baru saja menetas umur 1 sampai 3 minggu, Kandang ini harus anda buat terpisah dengan induk puyuh supaya lebih steril dan tidak tertular penyakit yang mungkin terdapat pada induknya.
  • Kandang Puyuh Grower usia 3 sampai 6 mingguan, kandang bisa anda buat sama seperti kandang untuk induk, serta alas kandangnya sudah boleh menggunakan kawat ram.

3. Penyiapan Bibit Unggul

Di tahap penyiapan bibit unggul burung puyuh, anda harus mengetahui dulu apa tujuan anda dalam beternak puyuh. Pada dasarnya tujuan beternak puyuh ada 3, yaitu untuk di produksi dagingnya maka harus memilih bibit puyuh jantan atau betina dengan ukuran yang besar, kedua produksi telur maka anda harus menyiapkan bibit betina yang sehat dan bebas dari penyakit. Yang ketiga adalah tujuan pembibitan anda harus menetaskan telur puyuh untuk mendapat bibit anakan yang bisa di jual.

Apapun tujuan anda beternak burung puyuh, yang pasti anda harus memilih bibit puyuh dengan kualitas unggulan dan terbebas dari penyakit, karena pemilihan bibit bisa menentukan hasil di akhir nantinya, apakah anda akan merugi atau untung, semua itu tergantung dari cara pemeliharaan dan pemilihan bibit pastinya.

  • Cara memelihara Burung Puyuh

Untuk pemeliharaan burung puyuh ada beberapa hal yang harus di perhatikan, supaya burung dapat menghasilkan telur dan daging yang sangat bagus :

1. Pertama yang harus anda perhatikan adalah pemberian pakan, makanan burung puyuh biasanya palet, remah remah dan tepung, tapi saya pernah memberi makan tahu yang di campur dengan palet, tapi tahu hanya baik bagi anak puyuh saja, karena tahu tekstur nya yang dan mudah di cerna. Pada anak puyuh sebaiknya di berikan pakan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Sedangkan puyuh dewasa sebaiknya di beri pakan sekali saja pada saat pagi hari.

2. Untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang bisa menimbulkan kematian bagi burung puyuh, lakukan pencegahan sanitasi dengan cara menjaga lingkungan kandang harus di jaga supaya tetap bersih

3. Penerangan kandang juga harus di perhatikan, karena burung puyuh juga butuh vitamin D yang didapat dari cahaya matahari.

Panen Burung puyuh bisa menghasilkan 1 telur dalam sehari, jika cara perawatan nya benar. Telur tersebut mengandung banyak sekali protein yang baik bagi tubuh dan perkembangan otak khusus nya anak kecil. Banyak jumlahnya telur yang dipanen berdasarkan banyak burung yang di ternak.

Selain telur burung puyuh juga bisa menghasilkan daging yang dapat di olah menjadi berbagai macam menu masakan. Pada saat pasca panen kita dapat membersihkan kandang, dan mendistributorkan hasil panen tersebut ke pasar tradisional. Demikianlah artikel tentang cara beternak burung puyuh bagi anda yang masih pemula. Ternak burung puyuh bisa anda lakukan dengan modal kecil dan dapat di ternak di lahan sempit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button