Peluang BisnisCoffee Shop

√ 11 Tips Buka Usaha Coffee Shop Biar Untung Besar dan Minim Resiko

√ 11 Tips Buka Usaha Coffee Shop Biar Untung Besar dan Minim Resiko

Usaha Coffee Shop – Keinginan anda membuka usaha coffee shop, belum terlaksana karena masih bingung dari mana mulai melangkah? Di Indonesia sendiri usaha Coffee Shop terus mengalami perkembangan terutama di beberapa tahun belakangan ini.

Perkembangan bisnis yang satu ini juga sudah menjamur di kota – kota kecil di Indonesia, hal ini terlihat dari terus bermunculannya coffee shop dengan konsep unik dan kekinian.

Edukasi yang semakin luas dan mudah didapatkan mengenai industry yang satu ini, seperti melalui internet melalui diskusi maupun ulasan media online, melalui film, kompetisi barista dan masih banyak lagi, membuat dampak positif, terutama untuk kaum milenial yang mula tertarik dengan usaha coffee shop.

Munculnya berbagai varian baru dari kopi murni yang memiliki cita rasa unik dan lezat juga membuat jumlah penggemar coffee semakin meningkat.

Melihat situasi seperti ini, tentu mereka yang memiliki jiwa bisnis mulai tertarik untuk mengembangkan bisnis yang satu ini.

Bagi anda yang juga ikut tertarik membuka kedai coffee, maka bisa melakukan berbagai cara mudah yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini secara rinci dan tuntas.

Langkah – langkah Membuka Usaha Coffee Shop

Untuk membuka usaha coffee shop pada dasarnya hampir sama dengan cara yang harus dilakukan pada usaha makanan dan minuman lainnya, yakni sebuah rangkaian yang kompleks. Berikut langkah –langkah membuka usaha coffee shop yang paling tepat, diantaranya :

1. Pilih sebuah konsep

Sebelum anda memulai membuka coffee shop anda harus memilih konsep apa yang akan anda terapkan. Dalam penentuan konsep bisnis ini akan menentukan langkah selanjutnya yang harus anda lakukan serta menentukan seberapa modal yang diperlukan.

Untuk konsepnya bisa memiliki coffee shop sederhana, coffee shop minimalis, serta coffee shop mewah. Tentu saja pemilihan konsep yang baik akan memberikan dampak positif, salah satunya membuka usaha coffee shop milik anda berbeda dari yang lainnya. Maka dari itu pemilihan konsep ini harus dilakukan dengan matang.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih konsep kafe anda :

  • Perhatikan siapa target pasar yang akan anda tuju. Jika target anda adalah karyawan kantor yang sibuk, atau kaum milenial yang doyan foto, maka penerapan target harus sesuai, karena ini akan sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan bisnis anda
  • Perhatikan berapa target daya beli di kawasan café milik anda. Untuk menentukan konsep hal ini sangat diperlukan, jangan sampai anda membuka café mewah di tengah lingkungan kelas pekerja atau pelajar. Hal ini tentu akan menyulitkan usaha anda terutama untuk meyakinkan konsumen untuk membeli produk anda
  • Hal lain yang harus diperhatikan dalam menentukan konsep adalah, apakah anda memiliki keinginan untuk menjual makanan seperti roti, maka pemilihan konsep bisa setengah café kombinasi bakery
  • Konsep terakhir apakah anda memilih membuka usaha coffee shop dengan tempat duduk untuk bersantai para pelanggan sambil nongkrong bersama teman, atau memilih konsep segera pergi setelah mendapat pesanan.

2. Melakukan Riset

Cara selanjutnya yang harus dilakukan ssetelah menentukan konsep adalah melakukan riset menyeluruh. Terutama mengenai kesukaan masyarakat serta tingkat daya beli.

Dalam riset yang baik akan menghasilkan jawaban untuk banyak pertanyaan seputar coffee shop, diantaranya memberi tahu anda mengenai kebutuhan terhadap coffee shop, kemudian anda juga akan mendapat jawaban mengenai seberapa kuat bisnis anda mampu bersaing dengan bisnis komersial lainnya.

Riset menyeluruh ini sangat berperan penting pada tingkat keberhasilan atau kegagalan yang akan dialami coffee shop milik anda.

Jika pemilihan konsep sesuai dengan pasar, lokasi, daya beli, serta konsep yang dipilih maka dijamin usaha yang anda miliki mampu bertahan di tengah persaingan yang kuat.

Meski ada banyak hal lain yang mempengaruhi bisnis anda, namun secara garis besar riset menyeluruh sangat berpengaruh.

3. Pilih Supplier yang Tepat

Kini kita akan melihat hal apa lagi yang perlu dipersiapkan sebelum membuka coffee shop. Tentu saja dalam membuka usaha makanan maupun minuman cita rasa merupakan hal yang sangat penting.

Begitu juga dengan usaha coffee shop harus memperhatikan dengan baik cita rasa kopi yang nikmat dan mantap. Dengan begitu pelanggan yang datang tidak akan kapok dan selalu ingin kembali menikmati secangkir kopi di café anda.

Untuk menyajikan kopi berkualitas tinggi, maka hal terpenting yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan biji kopi yang baik.

Untuk mendapatkan biji kopi pilihan tentu anda harus memilih supplier yang tepat pula. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menentukan biji kopi pilihan dari supplier yang tepat, diantaranya :

  • Coba cicipi kopi yang mereka tawarkan, jika anda menyukai kopi tersebut, maka kemungkinan besar biji kopi dari supplier ini bisa masuk dalam daftar pilihan. jika anda tidak menyukai kopi sangrai yang mereka tawarkan maka kemungkinan besar pelanggan juga kurang menyukainya.
  • Bagi anda sendiri seberapa penting kualitas kopi bagi anda ? biji kopi berkualitas sangat tinggi atau premium tentunya akan menghasilkan harga minuman yang sangat tinggi pula. Hal ini sebenarnya kurang baik bagi sebuah bisnis kopi, sebab bisa menakuti beberapa pelanggan potensial, maka pilihlah kopi dengan kualitas baik saja, terlebih lagi jika konsep usaha coffee shop adalah sederhana.
  • Dari mana biji kopi berasal? Salah satu pilihan yang tepat adalah memilih biji kopi local untuk menarik minat pelanggan serta membantu meningkatkan bisnis local. Pemilihan biji kopi local juga akan menghemat biaya.
  • Pilih biji kopi yang memiliki cita rasa menarik untuk disajikan pada usaha coffee shop milik anda.

4. Bisnis Plan

Kini anda perlu melakukan langkah yang tidak kalah penting untuk menunjang usaha coffee shop yang akan anda buka, yakni membuat rencana bisnis yang solid agar semua hal yang sudah anda lakukan serta akan dilakukan selanjutnya bisa mencapai keberhasilan.

Rencana bisnis akan memperkokoh konsep bisnis, struktur kepemilikan, pengaturan keuangan, mengatasi persaingan, pilihan menu yang baik dan masih banyak lagi.

Rencana bisnis yang matang akan membantu usaha menjadi semakin maju, selain itu juga akan membantu mengatasi kesulitan yang akan muncul dikemudian hari, karena yang namanya usaha pasti akan mengalami kesulitan. Rencana bisnis yang matang juga akan membantu anda mempermudah pencarian dana.

Secara umum, berikut isi dari bisnis plan:

  • Ringkasan rencana bisnis
  • Deskripsi perusahaan atau gambaran umum
  • Analisis target pasar
  • Penawaran bisnis
  • Struktur kepemilikan serta rencana manajemen
  • Strategi pengiklanan atau pemasaran
  • Pengaturan keuangan

5. Persiapkan Modal

Langkah membuka usaha coffee shop kini sudah masuk ke dalam tahap menyiaplan dana untuk mewujudkan semua struktur yang sudah dibuat sebelumnya.

Modal tentu akan disesuaikan dengan konsep yang anda pilih, mau yang kelas atas yang berlokasi di mal atau shopping center, tentu dengan jumlah modal yang besar, atau anda memilih konsep yang sesuai dengan dana yang anda miliki. Memang untuk membuka cafe kopi modalnya cukup besar.

Modal yang ditanam dalam bisnis ini paling tidak harus bisa menutupi 6 hingga 12 bulan biaya operasional, sebelum usaha mendapatkan keuntungan.

Memang semua usaha membutuhkan waktu awal merintis paling tidak 1 tahun pertama. Dengan begitu selain memiliki modal awal untuk membuka coffee shop, anda juga harus memiliki dana lebih untuk menutupi biaya operasional, hingga bisnis memiliki kemampuan untuk mendukung bisnis itu sendiri.

Untuk pengusaha yang tidak memiliki modal cukup, ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat mimpi anda memiliki coffee shop bisa terlaksana, bisa melakukan beberapa hal berikut, diantaranya : kredit usaha, pinjaman komersial tradisional, investor, urun dana, dan masih banyak lagi

6. Mencari Lokasi yang Tepat

Mencari lokasi yang paling strategis untuk usaha coffee shop anda adalah hal yang juga tidak kalah pentingnya. Tempat yang baik akan memastikan kestabilan pengunjung.

Pemilihan lokasi potensial, tentu harus dilakukan dengan menyelesaikan analisis lokasi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi bisnis, diantaranya :

  • Kompetisi atau pesaing
  • Kedekatan dengan target pasar atau konsumen
  • Jarak dari pemasok
  • Regulasi dan zonasi
  • Besaran modal

Setelah menemukan lokasi yang sesuai dengan kriteria di atas, ada hal lain yang juga harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi, salah satunya dengan mempertimbangkan ruangan itu sendiri. Berikut diantaranya :

  • Adakah dapur di dalamnya dan seberapa besar ukurannya
  • Adakah saluran gas di dalamnya
  • Adakah saluran air
  • Apakah area depan rumah cukup luas untuk parkir kendaraan pelanggan
  • Adakah area pejalan kaki di depan toko anda
  • Adakah ruangan yang luas dan nyaman untuk menampung banyak pelanggan

Jika seluruh spresifikasi lokasi diatas sudah ditemukan, maka kini selanjutnya anda melakukan negosiasi harga serta kelengkapan dokumen yang diperlukan.

7. Izin dan Lisensi

Untuk membuka kedai kopi atau usaha coffee shop dibutuhkan banyak administrasi perizinan dan lisensi yang harus diselesaikan.

Untuk tiap kota atau Negara pastinya memiliki perizinan dan lisensi yang berbeda, maka dari itu tanyakan pada pihak yang berwajib atau yang memiliki kewenangan untuk mengurus masalah tersebut, dengan begitu anda bisa memastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap. Untuk kemudian bisa menjalankan usaha coffee shop dengan baik.

Baca juga:  Harga Franchise Kopi Kenangan

8. Desain dan Tata Letak

Desain dan tata letak ini harus dibuat sesuai konsep dan target pasar yang dipilih. Jika konsep mewah yang menyasar kaum berkelas, tentu saja desain yang dibutuhkan juga desain yang mewah.

Maka desain cafe bisa disesuaikan dengan seluh hal yang sudah dipersiapkan sebelumnya, termasuk besaran modal yang dimiliki.

Contohnya apakah anda ingin menawarkan privasi untuk mereka yang memiliki banyak pekerjaan atau untuk mengadakan pertemuan. Atau anda memiliki impian memberikan nuansa cafe terbuka yang terasa lapang dan modern untuk mereka yang hobi nongkrong.

Apapun desain yang anda pilih tentu saja harus bisa memaksimalkan desain tersebut agar terlihat menarik dan berbeda dari coffee shop lainnya.

Untuk desain ruangan yang pada bagian belakang meja cenderung padat, maka perlu membuat efisiensi serta aliran menjadi krusial. Untuk menciptakan semua itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :

  • Peralatan apa saja yang diperlukan dalam ruangan tersebut
  • Bagaimana proses pemesanan akan mengalir
  • Bagaimana pesanan akan diambil
  • Bagaimana pesanan akan disiapkan
  • Bagaimana pesanan akan disajikan
  • Bagaimana pesanan akan dibersihkan

9. Pesan Peralatan Coffee Shop

Untuk kafe yang memiliki target mencapai kesuksesan tinggi, maka mempersiapkan peralatan kopi berkualitas tinggi sangat penting. Untuk peralatan ini memang tidak harus sama  dari cafe ke cafe, namun ada peralatan umum yang sama.

Untuk memudahkan mengumpulkan peralatan sebaiknya buat daftarnya terlebih dahulu. Berikut daftar peralatan coffee shop yang dibutuhkan, diantaranya :

  • Mesin espresso
  • Pembuat kopi
  • Airpots
  • Dispenser air panas
  • Penggiling kopi
  • Reach-in reffrigerator
  •   Mesin es
  • Thermometer busa
  • Etalase roti
  • 3 wadah kompartemen
  • Mug the dan kopi
  • Pitcher berbusa
  • Cup espresso
  • Piñata cup, penutup, serta sedotan
  • Celemek

10. Memperkerjakan serta Pelatihan Karyawan

Untuk menunjang keberhasilan usaha coffee shop  yang anda miliki, dibutuhkan pekerja atau karyawan yang memiliki kemampuan khusus.

Salah satunya mencari karyawan atau koki yang akan meramu atau membuat kopi. Untuk yang satu ini memang membutuhkan karyawan berkemampuan khusus sehingga mampu menghasilkan kopi dengan cita rasa sempurna. Maka dari itu pilihlah koki barista handal.

Pilih pula para karyawan mumpuni untuk membantu menjalankan usaha coffee shop anda, seperti kasih yang handal, pegawai yang jujur, rajin serta cekatan.

11. Buka Kedai Kopi Anda

Setelah semua persiapan membuka café dijalankan dengan baik,mulai dari konsep, lokasi, rencana bisnis, pemilihan karyawan, rencana promosi dan lain sebagainya, maka kini saatnya anda membuka kedai kopi dan memulai menerima pesanan pertama anda.

Untuk menarik minat pembeli buatlah hari pembukaan dengan berbagai promosi yang ditawarkan, mulai dari potongan harga, atau beli 2 gratis 1, atau bisa juga menggratiskan atau 0 rupiah pembelian pertama.

Hal ini mampu mendorong minat pembeli dan berpotensi menjadi pelanggan tetap. Untuk membuat hari pembukaan ramai pengunjung, anda bisa melakukan promosi atau pemberitahuan di berbagai media social yang anda miliki.

Beberapa komponen untuk membuat usaha coffee shop sukses :

  • Menyediakan kopi terbaik dengan kualitas rasa istimewa
  • Staf yang ramah dan memiliki banyak pengetahuan
  • Nuansa nyaman dengan dekorasi unik dan menarik

Simak juga: Peluang Bisnis Minuman yang Lagi Trend

Modal Usaha Coffee Shop

Membuka usaha coffee shop memang terkenal cukup besar, maka dari itu banyak yang mengurungkan niatnya karena tidak memiliki modal yang cukup. Sebenarnya pemikiran seperti itu wajib dihilangkan.

Berbagai cara mudah saat ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki modal minim, seperti memulai usaha waralaba atau franchise kopi. Ada banyak usaha coffee shop yang menawarkan sistem waralaba dengan modal minim.

Rincian Modal Usaha Kedai Kopi (di Bawah 20 Juta)

Buat anda yang memiliki dana minim tidak sampai 20jutaan, anda juga bisa membuka kedai kopi sederhana dengan rincian dana sebagai berikut ini:

1. Peralatan kopi

V60 Rp170.000 Syphon Rp500.000 French Press Rp150.000 Mesin Espresso Rp2.500.000 Grinder Rp1.200.000 Scale Rp300.000 Milk steamer Rp2.300.000 Milk jug Rp100.000 Total Rp7.220.000

Peralatan lainnya:

Kulkas kecil Rp1.200.000 Glassware dan silverware Rp600.000 Blender Rp250.000 Total Rp2.050.000

2. Bahan-bahan minuman

Kopi dan susu Rp1.200.000

3. Peralatan interior

4 set meja dan kursi (@Rp400.000) Rp1.600.000 Aksesoris Rp500.000 Peralatan bersih-bersih Rp300.000 CCTV Rp250.000 Total Rp2.650.000

4. Alat Pembayaran

Mesin kasir Rp3.000.000 Cash drawer Rp400.000 Total Rp3.400.000

5. Biaya lainnya

Listrik 13 VA Rp1.700.000 Biaya perizinan usaha perseorangan, izin, dan lain-lain Rp500.000 Total Rp2.200.000

Jadi, total keseluruhannya adalah:

Peralatan kopi Rp7.200.000 Peralatan lainnya Rp2.050.000 Bahan minuman Rp1.200.000 Peralatan interior Rp2.650.000 Alat pembayaran Rp690.000 Biaya Lainnya Rp2.200.000 Total Rp18.700.000

Rincian modal buka warung kopi di atas ini belum termasuk biaya sewa toko. Jadi, jangan lupa untuk menyisihkan modal Anda untuk biaya sewa tempat.

Jika dana yang anda miliki ternyata tidak sampai 20jutaan, dan hanya 10 jutaan saja, tidak perlu khawatir, karena anda juga sudah bisa membuka usaha coffee shop dengan modal 10jutaan saja. Namun tentu saja dengan peralatan dan tempat yang seadanya.

Itu sudah modal paling minim, mulai dari sewa gedung yang dibayar per bulan, dekorasi tempat sederhana, serta membeli peralatan dan bahan baku pembuatan kopi.

Dengan modal segitu, kemungkinan besar anda tidak bisa menggunakan mesin espresso, karena terkenal mahal. Maka banyak yang memangkas modal dengan menggunakan alat manual bernama rok presso.

Untuk besaran modal sendiri bisa disesuaikan dengan konsep yang anda pilih. Jika pemilihan konsep mewah tentu saja modal segitu masih jauh dari kata cukup. Dengan modal minim tentu saja kita hanya bisa membuka usaha coffee shop yang sederhana.

***

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai usaha coffee shop, mulai dari jumlah modal, konsep, rencana bisnis dan masih banyak lagi. aka nada beragam informasi lagi yang akan kami bahas secara tuntas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Jangan lewatkan juga: Tips Bisnis Kopi dan Persiapan Memulainya!

Tags: Analisa Usaha Coffee ShopCara Membuka Coffee ShopLangkah-Langkah Membuka Coffee ShopModal Usaha Coffee ShopPeluang Usaha Coffee ShopUsaha Coffee Shop

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button