UncategorizedMotivas Bisnis

10 Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Bisa di Tiru

Rahasia Sukses Orang Jepang Yang Bisa di Tiru

Rahasia Sukses Orang Jepang – Negara Jepang adalah negara yang terkenal dengan negara yang maju dalam berbagai macam hal. Bahkan Jepang adalah salah satu negara pusat teknologi dunia, Jepang juga kerap menyumbang pengetahuan bagi kaum manusia. Yang lebih bagus lagi, Jepang adalah negara yang memiliki perekonomian terbaik di Asia.

 

Yang akan saya bahas adalah bukan macam-macam keunggulan negara Jepang. Tapi bagaimana cara Jepang bisa menjadi negara yang maju dalam waktu singkat. Hasil nyatanya adalah ketika Jepang di bombardir oleh pesawat pasukan Amerika. Peristiwa mengerikan tersebut terjadi di kota Nagasaki dan Hirosima, setelah kejadian tersebut perekonomian Jepang memburuk dan bahkan dilanda krisis yang sangat hebat. Dengan berbagai macam ide usaha kreatif dan Upaya Jepang untuk bangkit, dalam waktu 50 tahun saja Jepang bisa menjadi negara yang maju dan memiliki teknologi yang berpengaruh besar pada dunia.

Dari kisah diatas anda pasti penasaran bukan, bagaimana cara hidup orang Jepang sehingga mereka bisa mencapai kesuksesan. Dari beberapa cara hidup mereka dibawah ini, tidak ada salahnya anda terapkan juga untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. apa saja rahasia sukses orang jepang yang dapat kita terapkan juga?,

1. Suka Bekerja Keras

Ini adalah salah satu hal yang membuat orang Jepang sukses adalah suka bekerja keras. Para pekerja di Jepang terbiasa dengan bekerja lebih dari 8 jam perhari, padahal itu tidak di anjurkan dan tidak baik bagi kesehatan. Banyak berita yang mengabarkan bahwa banyak warga Jepang yang meninggal karena terlalu lelah bekerja. Yang paling benar adalah kerja keras bukan hanya soal lama nya waktu bekerja, tapi produktivitas dan konsisten dalam bekerja, sudah cukup untuk mempertahankan kualitas kerja mereka.

2. Sejak Kecil, mereka didik untuk mandiri

Orang tua di Jepang sudah mengajarkan anaknya untuk hidup mandiri, misalnya saja anak TK sudah terbiasa membawa tas dan tempat makanan mereka sendiri saat ke sekolah. Di sekolah mereka juga menerapkan tugas tambahan untuk membersihkan sekolah yang dinilai dapat melatih kemandirian seorang anak.

Setelah lulus SMA dan Kuliah, para pemuda di Jepang tidak lagi meminta uang kepada orang tua mereka, bahkan untuk mendapat uang jajan mereka harus bekerja part time untuk biaya hidup dan membayar uang sekolah mereka. Jika mereka kehabisan uang, mereka akan meminjam kepada orang tua mereka, dan mengembalikan setelah mereka memiliki uang. Bukan Meminta ya, tapi meminjam.

3. Budaya Rasa malu yang tinggi

Sejak jaman kekaisaran masa lalu, Jepang sudah memiliki budaya rasa malu yang amat tinggi. Orang Jepang akan malu jika mereka gagal melakukan tugasnya, bahkan para prajurit Samurai dulu juga menerapkan tradisi Harakiri, yaitu bunuh diri (Tanpa disuruh) karena gagal melakukan tugasnya.

Budaya rasa malu tersebut membuat orang Jepang bekerja keras supaya tidak gagal dalam melakukan tugas apapun, jika mereka gagal kemungkinan akan menghukum dirinya sendiri dengan cara yang bermacam-macam. Yang paling parah adalah Harakiri. Kita boleh saja meniru budaya rasa malu seperti orang Jepang, tapi ingat! jangan sampai bunuh diri ya, bagaimana pun juga bunuh diri atau Harakiri sangat bertentangan dengan ajaran agama mana pun.

4. Totalitas dan Loyalitas dalam melakukan pekerjaan

Hal yang paling menonjol di negara Jepang adalah loyalitas dan totalitas kerja yang sangat baik, adalah hal yang bisa membuat mereka sukses. Mereka akan berusaha untuk mencintai pekerjaan dan perusahaan di tempat mereka bekerja apapun situasinya. berbeda dengan warga Indonesia yang rata-rata pekerja nya suka berpindah-pindah tempat kerja untuk mendapat gaji dan karir yang lebih baik.

Perusahaan di Jepang lebih memilih orang yang baru lulus sekolah atau kuliah untuk di jadikan karyawan mereka, hal itu bertujuan untuk melatih karyawan untuk bisa mengerti tentang budaya kerja di perusahaan tersebut. Kebanyakan orang Jepang bekerja di satu atau dua perusahaan sampai mereka pensiun.

5. Pantang Menyerah

Tragedi Nagasaki dan Hirosima yang sudah saya bahas di Paragraf dua, tragedi tersebut membuat Jepang sangat terpuruk di kalah itu, kondisi ekonomi sangat memprihatinkan, Satu lagi tragedi yang membuat Jepang benar-benar jatuh adalah kejadian Tsunami tahun 2011, banyak bangunan penting di Jepang yang hancur terkena deras nya aliran Tsunami. Namun Jepang berhasil melewati masa-masa itu dan dengan kerja keras dan pantang menyerah mereka menjadi negara maju di asia yang memiliki ekonomi yang sangat baik.

6. Selalu mengeluarkan Inovasi

Pekerjaan terbaik tidak mungkin bisa sempurna, itu adalah moto orang Jepang yang membuat mereka sukses dan bisa kita tiru. Bangsa Jepang tidak sepenuhnya bangsa penemu, tapi mereka bisa mengembangkan setiap penemuan menjadi suatu hal yang baru dan dapat diterima oleh masyarakat dunia.

Misalnya saja kartun, Jepang bukanlah negara pertama yang menciptakan animasi kartun. Tapi mereka mampu membuat kartun dengan gaya yang unik dan berbeda dari kartun buatan negara lain. Kartun mereka di sebut dengan Anime.Salah satu anime yang dikenal hingga ke seluruh dunia adalah Naruto.

7. Terkenal Suka Membaca

Jangan kaget ketika anda berkunjung ke Jepang dan melihat banyak orang di sekitar anda sedang membaca buku, dari orang dewasa, remaja hingga anak kecil. Kebiasaan membaca tentunya sangat baik untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang luas. Jika kamu ingin menerapkan budaya membaca ini, bacalah buku yang bermanfaat untuk pengembangan diri anda, misalnya buku inspirasi usaha.

8. Menghormati orang tua dan menjaga Tradisi leluhur

Dunia sangat mengakui akan perkembangan teknologi yang dimiliki oleh Jepang, Namun perkembangan jaman dan kemajuan teknologi nya tidak membuat Jepang menjadi besar kepala dan kehilangan jati diri mereka. Orang Jepang sangat menghargai tradisi dan budaya mereka. Orang Jepang juga sangat menghormati orang tua mereka, itulah sebabnya mengapa orang Jepang mencapai kesuksesan.

9. Menerapkan Hidup hemat

Jumlah penduduk Jepang yang menggunakan Mobil sangat sedikit, padahal Jepang merupakan negara yang mempunyai pabrik Mobil yang mendunia seperti Toyota dan Hyundai. Mereka lebih senang menggunakan sepeda, berjalan kaki atau menggunakan Transportasi umum. Orang Jepang memilih untuk hidup sederhana. Berbeda dengan Indonesia yang banyak penduduknya ingin membeli mobil mewah dengan cara Kredit. Orang Jepang lebih memilih menabung atau menginvestasi kan uang nya dari pada di gunakan untuk membeli barang yang tidak mereka butuhkan.

10. Bekerja secara Team Work

Orang jepang lebih menyukai bekerja secara team work dari pada Individu. Karena mereka meyakini bahwa bekerja secara berkelompok bisa mendapat hasil yang sangat maksimal dari pada bekerja sendiri. Mereka lebih membanggakan prestasi tim dari pada prestasi untuk diri sendiri.

Tentu saja budaya ini sangat baik untuk di tiru, demi kemajuan usaha yang akan kita bangun. Jika anda menjadi seorang bos atau pemilik usaha yang memiliki karyawan. Jangan pernah membedakan antara Bos dan anak Buah, alangkah lebih baik jika segala sesuatu di kerjakan secara bersama tanpa membedakan pangkat, terkadang ide brilian akan muncul dari salah satu karyawan anda, jangan segan untuk menanyakan pendapat dari masing-masing karyawan demi memajukan usaha yang anda jalankan.

Demikian artikel tentang rahasia sukses orang Jepang yang bisa kita tiru, semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda yang sudah atau ingin membangun sebuah usaha. Baca juga biografi pengusaha sukses dari nol

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button