Peluang BisnisAgen JNE

Peluang Usaha dan Cara Menjadi Agen JNE

Peluang Usaha dan Cara Menjadi Agen JNE

Cara Menjadi Agen JNE – Sebelum membahas ke poin penting artikel ini, saya ingin bertanya, apa kepanjangan dari JNE?. Arti nama JNE adalah singkatan dari Jalur Nugraha Ekakurir, adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi pengiriman barang atau biasa dikenal dengan nama Kurir. PT Tikki JNE sendiri sudah berdiri sejak tahun 1990 yang di buat oleh bapak Seoprapto Suparno.

PT JNE sendiri kini telah memiliki lebih dari 3000 agen yang siap melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara seperti Malaysia dan Singapura. Untuk mengembangkan dan memperluas usaha ekspedisi tersebut, JNE juga memberikan kesempatan kepana masyarakat umum untuk menjadi agen resmi JNE. Tugas agen JNE hanyalah menyiapkan tempat layanan yang digunakan untuk menerima paket konsumen, selanjutnya mobil ekspedisi akan mendatangi agen dan mengambil paket untuk dikirim ke tujuan masing-masing.

Untuk menjadi agen JNE ada 2 persyaratan mutlak yang harus dipenuhi oleh calon mitra agen JNE, yaitu berupa syarat administrasi serta lokasi dan juga sumber daya manusia. Ini harus anda perhatikan dengan betul sebelum mulai mengajukan permohonan menjadi mitra JNE.

Syarat administrasi yang harus anda miliki adalah surat permohonan, badan hukum usaha, surat izin usaha, foto copy KTP, NPWP Perusahaan, dena dan foto lokasi, pas foto pemilik, serta tidak terkait kerja sama dengan bidang usaha yang sama. Artinya anda tidak boleh melakukan mitra dengan perusahaan ekspedisi lain selain JNE. Apa bila anda terdapati memiliki kerja sama dengan ekspedisi lain, permintaan kemitraan anda akan ditolak.

Modal yang anda butuhkan untuk menjadi agen JNE adalah 7 juta rupiah. dengan syarat memiliki toko atau tempat yang di gunakan untuk counter JNE, harus memiliki kendaraan baik motor ataupun mobil. 7 juta rupiah tersebut adalah uang administrasi 2 juta, dan uang jaminan 5 juta, uang 5 juta tersebut akan di kembalikan ketika sudah tidak memiliki kontrak lagi dengan JNE, atau diakhiri oleh salah satu pihak.

Untuk sumber daya manusianya, paling tidak harus memiliki dua petugas yang pendidikannya minimal lulusan SMA sederajat, Petugas akan di berikan training dan memiliki sertifikat hasil training oleh JNE pusat. Selain itu petugas juga bisa melakukan pick up atau jemput barang ke tempat konsumen yang ingin mengirim barang.

Tempat yang akan di gunakan untuk membuka counter JNE juga harus di perhatikan oleh calon mitra. Pihak JNE menyarankan supaya tempat yang dipilih adalah milik sendiri, supaya tidak terbebani dengan biaya sewa tempat, Selain itu tempat tersebut juga harus lokasi yang strategis seperti di dekat pusat perbelanjaan atau perkantoran. Tempat yang dipilih juga tidak boleh berdekatan dengan counter JNE lain.

Sarana pendukung yang harus dimiliki oleh mitra adalah timbangan yang mampu menimbang barang seberat 100Kg. Seperangkat komputer, printer dan koneksi internet juga harus tersedia.

Pihak JNE akan menilai counter anda selama 3 bulan, untuk melihat apakah counter yang anda bangun sukses atau tidak, untuk mitra baru diharuskan mendapat omset paling tidak 5 juta perbulan, jika kurang dari itu pihak JNE akan minjau ulang apakah ingin meneruskan kerja sama dengan anda atau di batalkan, jika batal uang jaminan 5 juta yang di berikan di awal akan di kembalikan.

Dari omset yang di capat agen, mitra akan mendapat komisi dari setiap pendapatan, kisaran omset yang didapat adalah 22% hingga 27%. Semakin tinggi hasil yang didapat, semakin besar pula komisi yang akan didapatkan. Berikut adalah rangkuman cara dan persyaratan menjadi agen JNE, yang saya ambil dari situs resmi JNE

 

Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi kantor Pusat JNE dinomor dan alamat di bawah ini :

Channel Management

Jl. Raya Tomang  no 11, Jakarta Pusat 114400

Telephone : 0811 946 9730

Buka hari senin – minggu pukul 09:00 sampai 18:00

Demikian artikel hari ini tentang cara dan persyaratan menjadi agen JNE. Meskipun cara untuk menjadi mitra JNE sangatlah rumit, yakinlah bahwa jika anda pandai mengatur rencana dan strategi, kerja sama dengan JNE akan menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan dan bisa mendapat komisi yang sangat besar. Semoga bermanfaat. baca juga Contoh Usaha Agen

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button