Peluang Bisnis

Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Menjanjikan

Contoh Usaha Ternak Hewan Yang Menjanjikan

Contoh Usaha Ternak Hewan – Anda suka memelihara hewan?. Pada artikel hari ini blog Berbagai Peluang akan membahas tentang usaha yang berhubungan dengan hewan ternak. Hewan bisa dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan dimasa depan. Dari jaman dulu, usaha hewan ternak tidak ada matinya, bahkan semakin tahun semakin berkembang mengingat kebutuhan manusia tiap tahun juga naik.

 

Banyak sekali hewan yang bisa dijadikan usaha, apa lagi jika anda menjadikan hobi memelihara hewan sebagai sumber penghasilan anda. Namun jangan kira usaha ini tidak memiliki hambatan, ya setiap usaha pasti ada permasalahan, tergantung bagaimana anda bisa menyelesaikannya. Misal saja jika ingin beternak kambing atau sapi anda membutuhkan lahan yang agak luas dan sumber pakan yang melimpah.

Jika anda ingin menjadikan ternak sebagai peluang usaha anda, tapi anda bingung mau ternak apa. Berikut akan kami rangkum kan beberapa contoh usaha hewan ternak yang menguntungkan:

1. Usaha Ternak Ayam

Ayam adalah salah satu hewan yang memiliki pertumbuhan sangat cepat terutama ayam potong/ayam boiler. Untuk memulai usaha ayam jenis boiler tidak membutuhkan modal yang besar, hanya saja membutuhkan lahan yang cukup. Banyak jenis ayam yang bisa anda ternak sebagai peluang bisnis yang menjanjikan seperti Ayam Kampung, ayam arab dan lain sebagainya.

2. Usaha Ternak Bebek

Selain ayam, bebek juga sangat menguntungkan untuk di ternak. Ada beberapa jenis bebek yang di ternak, bebek untuk di ambil dagingnya, bebek yang di ambil telur nya, atau yang bisa di ambil dagingnya dan telur nya. Jika anda memilih usaha ini anda harus mengerti dan mempelajari tentang bebek. Cobalah untuk belajar dari seseorang yang berpengalaman di bidang ini, atau browsing di Google

3. Usaha ternak Kambing

Hewan ini biasa digunakan untuk acara aqiqah, pernikahan, sunatan, Kurban Idul Adha atau acara hajatan lainnya. Selain itu kambing juga dibutuhkan untuk penjual sate kambing yang membutuhkan pasokan daging kambing setiap harinya. Dengan mengetahui itu anda bisa memulai usaha ternak kambing, modal yang di butuhkan kisaran 3-5 jutaan tergantung banyaknya jumlah yang akan di ternak.

4. Ternak Sapi

Lain halnya dengan kambing, ternak sapi membutuhkan modal yang sangat besar. Daging sapi dibutuhkan juga untuk acara besar. Selain itu para penjual daging sapi di pasar juga membutuhkan stok daging setiap hari. Harga kambing dan sapi sangat berbeda jauh, kalau harga satu kambing hanya 1 jutaan, sedangkan satu sapi bisa mencapai 11-15 juta.

5.  Usaha Ternak Kroto

Sebenarnya yang di ternak bukanlah kroto, tapi ternak rangrang penghasil kroto. Kroto adalah pakan burung yang memiliki harga yang tinggi, selain itu permintaan pasar untuk kroto juga sangat tinggi, yang membuat kroto sebagai usaha yang menjanjikan bila dijalankan. Usaha ini bisa kita jalankan dengan modal kecil, sekitar 500 ribu saja sudah bisa menjalankan usaha ini.

6. Usaha Ternak Kelinci

Kelinci adalah hewan yang memiliki telinga panjang dan sangat disukai oleh anak-anak karena bentuk nya yang lucu. Jenis kelinci di bagi menjadi dua, ada kelinci hias dan ada kelinci pedaging. Bila anda tinggal di daerah ternak kelinci bukan hal yang susah, karena sumber pakan rumput sangat banyak, jika anda tinggal di kota sebaiknya beternak kelinci hias karena sudah ada pakan khusus untuk kelinci hias yang dijual di toko hewan.

Mungkin jika anda tinggal di desa, dan anda ingin membuka usaha dengan modal kecil, silahkan baca artikel Contoh Usaha Yang Menjanjikan di Desa

7. Ternak Ikan Lele

Ternak Ikan Lele sangat bagus untuk usaha sampingan, karena tidak memerlukan perhatian yang ekstra. Ikan lele hidup di air tawar dan mampu bertahan hidup di air yang keruh. Ikan lele biasanya dibutuhkan oleh orang yang menjual makanan penyetan. Selain itu lele juga bisa digunakan untuk mengeringkan luka dengan cepat.

 8. Ternak Burung Hias

Jika anda hobi memelihara burung hias, mungkin usaha ternak burung hias bisa menjadi pilihan terbaik anda. Pada saat ini burung jenis Love Bird, Kacer, Cucak Rowo, Ciblek dan lain sebagainya memiliki prospek yang sangat cerah. Namun modal yang harus anda keluarkan cukup besar jika ingin menjalankan usaha ternak burung hias.

Bagaimana?, sudah anda pilihan untuk Usaha Ternak Hewan Yang Menjanjikan sebagai pilihan bisnis anda. Lebih baik mulailah usaha ternak dengan modal, hobi dan kondisi tempat tinggal anda untuk mengurangi dampak  kerugian.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button