Uncategorized

4 Cara Memulai Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal

4 Cara Memulai Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal

bisnis kos kosan tanpa modal – Usaha yang paling mudah untuk dijalankan adalah usaha sewa kost. Bisnis Kos kosan juga bisa mendapatkan profit tiap bulan secara rutin. Selain itu kos kosan saat ini sedang banyak di cari oleh para mahasiswa yang belajar di Universitas yang jauh dari rumah mereka atau semakin banyaknya jumlah angka pernikahan dari tahun ke tahun, karena biasanya para pasangan baru akan memilih kos sebagai tempat tinggal mereka selagi belum memiliki rumah. Itulah mengapa usaha kos kosan saat ini banyak di sukai oleh pelaku usaha.

 

Namun ada satu kendala yang mungkin dapat menyulitkan niat anda dalam memulai usaha kos, yaitu modal. Membangun sebuah kos membutuhkan biaya yang sangat besar, belum lagi biaya untuk membeli tanah, biaya pembangunan dan pemasangan fasilitas seperti listrik dan air. Tapi bagaimana jika memulai usaha kos kosan tanpa modal?, bisa kah?.

Pasti bisa, jika ada kemauan, pasti akan banyak usaha ide kreatif yang muncul. Bagi anda yang ingin tau bagaimana memulai usaha kos tanpa modal, silahkan simak dibawah ini :

1. Jadi Pengelolah Kost

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah menjadi pengelolah kost. Untuk menjadi pengelolah kost tidak memerlukan biaya dalam memulainya. Hanya saja anda perlu menawarkan diri sebagai pengelolah kos kepada pemilik kost, biasanya jasa ini di butuhkan oleh pemilik kos yang rumahnya jauh. Jadu tugas utama seorang pengelolah kos adalah mengurus berbagai macam kebutuhan kos misalnya ada atap yang bocor tembok yang retak, tugas anda adalah membereskan hal tersebut, selain itu tugas pengelolah kos juga menjaga dan mengawasi kos.

2. Menjadi Agen pemasaran kos

Cara kedua adalah dengan cara menjadi agen pemasaran kos, Usaha ini juga tidak memerlukan modal. Cobalah untuk menawarkan diri kepada pemilik kos yang mungkin saat ini anda tempati, katakan bila anda ingin menjadi agen pemasaran yang bertugas untuk mencarikan penghuni kos. Anda bisa menawarkan kepada teman anda, atau anda promosikan ke media sosial.

Imbalan yang anda dapatkan sesuai dengan perjanjian di awal dengan pemilik kos. Imbalan tersebut bisa berupa uang atau bebas bayar kos selama masa yang di tentukan. Apabila kos yang anda tawarkan sudah penuh, anda bisa mencari tempat kos yang lain dan tawarkan diri anda untuk Menjadi agen.

3. Menyewakan kamar kosong yang ada dirumah

Bila dirumah anda ada kamar kosong yang tidak terpakai tapi masih layak huni, coba saja untuk menyewakan kamar tersebut. Jangka waktu yang bisa anda berikan bisa harian, mingguan atau pun bulanan. Meski hasilnya tidak seberapa karena hanya menyewakan 1 atau 2 kamar saja, hasil yang didapat bisa menjadi tambahan untuk bayar iuran air atau pun listrik, lumayan kan. Ada kamar kosong di rumah anda?, cobalah untuk memulai usaha ini deh.

 

4. Menyewa Rumah untuk di jadikan kos

Jika ketiga cara diatas bisa di lakukan tanpa modal sedikit pun, pada cara terakhir ini membutuhkan sedikit modal, paling tidak untuk menyewa rumah yang memiliki 3 atau 4 kamar. Rumah yang kita sewa tersebut akan kita gunakan sebagai kos. Selain itu kita juga harus menyediakan berbagai macam keperluan kos, seperti tempat tidur, lemari, kipas angin dan masih banyak lagi.

Sebelum menyewa rumah, pastikan lokasinya strategis, misalnya dekat dengan perkantoran atau kampus. Karena pada umumnya orang yang berminat untuk ngekos adalah pegawai kantoran yang masih bujang dan mahasiswa yang berasal dari luar kota.

Itulah ketiga Cara Memulai Bisnis Kos Kosan Tanpa Modal yang mungkin bisa anda jadikan ide dalam memulai usaha khususnya di bidang kos kosan, meskipun tanpa modal ternyata masih bisa kita menjalankan usaha kos kosan, meskipun beberapa usaha diatas bukan milik kita pribadi, tetap saja usaha yang di lakukan bergerak di bidang penyewaan kos.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button