Tips Bisnis

Cara Membuka Usaha Warung Kopi Yang Laris

Cara Membuka Usaha Warung Kopi Yang Laris

Cara Membuka Warung Kopi – Pada kali ini blog Berbagai Peluang akan membahas tentang bagaimana cara memulai usaha warung kopi atau kedai kopi beserta strateginya. Usaha warung kopi bisa di jadikan usaha sampingan, karena pada umumnya warung kopi hanya buka jam 4 sore sampai jam 11 malam. Tapi bagi anda yang ingin menjadikan bisnis ini sebagai pendapatan utama anda, maka anda harus buka mulai jam 6 pagi sampai jam 10 malam atau lebih.

 

Bisnis warung Kopi memiliki prospek sangat menjanjikan, apa lagi bila warung kopi anda memiliki keunikan tersendiri dan pelayanan yang ramah. pasti akan lebih laris dan pengunjung akan datang kembali di lain hari sebagai pengunjung tetap. Bagi anda yang ingin memilih warung kopi sebagai peluang usaha anda, silahkan baca tips di bawah ini:

Cara Membuka Usaha Warung Kopi

1. Tempat

Tempat adalah penentu tingkat keberhasilan warung kopi anda. Tempat yang strategis dan mudah di jangkau dapat membuat warung kopi anda ramai pengunjung. Se bisa mungkin pilihlah tempat dipinggir jalan,dekat sekolah, kampus, Mall, taman atau alun-alun kota. Intinya pilih tempat yang dilalui banyak orang dan kendaraan.

2. Strategi Usaha Warung Kopi

Hal ini perlu anda perhatikan sebelum memulai usaha warung kopi, jika anda ingin usaha ini berjalan dengan lancar dan sukses. Carilah strategi jitu yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di warung kopi anda. Jangan lupa perhatikan juga Kopi anda memiliki rasa yang khas dan enak. Kebanyakan konsumen lebih memilih minuman Saset, karena rasanya pasti sudah bisa ditebak.

3. Fasilitas Tambahan

Cara yang ketiga juga wajib anda lakukan supaya pembeli betah berlama-lama di warung kopi anda. Tambahkan beberapa fasilitas pendukung seperti Tv, Radio, Koran atau juga jaringan Internet Wifi. Jika di warung kopi anda ada fasilitas tersebut, maka bisa di pastikan konsumen akan betah berlama-lama di warung kopi anda.

4. Promosi

Kenalkan usaha warung kopi anda pada semua orang, supaya warung anda ramai konsumen pada saat pertama kali buka. Buatlah brosur sederhana dan tulis bahwa warung kopi anda masih dalam masa diskon dengan syarat membawa brosur yang anda berikan. Bagikan brosur ke sekitar rumah anda atau dekat kampus. Hal sederhana yang bisa anda lakukan ketika pertama buka adalah memberikan harga yang terjangkau, namun setelah ramai naikan harga sedikit demi sedikit supaya konsumen tidak kabur.

5. Ijin Usaha

Hal ini berguna jika anda membuka warung atau kedai kopi yang berskala besar. Maka anda harus mendapat surat ijin dari pihak yang berwenang. Supaya nantinya tidak terjadi masalah yang berkaitan dengan ijin Usaha. Jika anda membuka warung kopi sederhana anda bisa meminta ijin pada pemilik lahan untuk berjualan, Biasanya ada uang sewa tapi tidak terlalu mahal.

6. Makanan pendukung

Biasanya warung kopi memiliki makanan pendukung dan minuman ringan seperti kerupuk, snack, gorengan atau jajanan ringan lainnya yang memiliki harga terjangkau. Biasanya ada orang yang akan menitipkan makanan ringan, jangan ditolak, tapi terimalah meskipun anda hanya mengambil keuntungan sedikit. Dengan adanya makanan pendukung semakin membuat konsumen betah di warung kopi anda.

7. Pelayanan

Langkah terakhir yang harus anda perhatikan adalah pelayanan anda atau karyawan anda kepada konsumen. Layanilah konsumen sebagai raja dan berbicaralah yang sopan pada mereka. Terapkan sistem 3S “Sopan, Senyum dan Sapa” supaya terjadi keakraban antara penjual dan konsumen.

Demikianlah hal yang bisa anda pelajari tentang Cara Membuka Usaha Warung Kopi. Ingat usaha yang bagus anda usaha yang dibuka sesuai kemampuan yang anda miliki. Jangan paksa diri usaha

berskala besar jika anda tidak memiliki modal. Intinya jangan takut untuk mencoba. Mungkin anda juga ingin mempelajari usaha lain yang masih berhubungan dengan warung, silahkan baca Strategi Bisnis Angkringan Supaya Laris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button