promosi produkUncategorized

10 Cara Mudah Promosi Produk Makanan supaya Laris

10 Cara Mudah Promosi Produk Makanan supaya Laris

10 Cara Mudah Promosi Produk
Cara Mudah Promosi Produk

Cara promosi produk makanan – hal paling mendasar yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha adalah Promosi. Dengan melakukan kegiatan Promosi bisa membuat produk yang kita buat di kenal oleh banyak orang. Dalam artikel ini akan di jelaskan bagaimana cara memasarkan produk yang berhubungan dengan makanan khususnya makanan ringan, yang bisa membantu anda untuk menentukan arah yang tepat berpromosi ke konsumen yang pas.

 

Oleh karena itu, supaya produk anda dikenal oleh orang lain, anda harus melakukan promosi, apa lagi jika usaha yang baru saja anda bangun. Banyak cara yang bisa di lakukan untuk memasarkan produk makanan, yang bisa anda baca di artikel 10 Cara Mudah Promosi Produk Makanan dibawah ini :

1. Gunakan Sosial Media

Pada era digital saat ini sosial media menjadi salah satu sarana yang paling banyak di gunakan oleh kebanyakan orang untuk menjalin pertemanan dan berkomunikasi dengan teman mereka, Hal ini bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk anda lewat sosial media yang anda miliki. Saya yakin anda sudah memiliki akun Facebook, Twitter, Instagram dan Whatsapp, benar kan?. Kalau belum punya silahkan daftar, dan jaring teman sebanyak mungkin, gratis kok.

Promosikan produk makanan anda beserta dengan gambar dan kalimat promosi yang menarik, supaya orang yang melihat produk anda tertarik untuk membeli. Perlu anda ketahui kalau 60% perusahaan makanan pada saat ini lebih memfokuskan promosi melalui sosial media.

2. Buatlah Website

Website memiliki peran penting untuk menguatkan teknik promosi anda. Buatlah website atau blog yang membahas tentang produk anda. Cantumkan harga dan deskripsi produk anda pada website tersebut, sehingga orang yang mengunjungi website anda bisa melihat dengan bebas semua produk anda lengkap dengan deskripsi dan juga harganya. Jangan Lupa untuk menambahkan kontak anda, supaya orang yang ingin membeli produk anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera disana.

3. Bagikan brosur

Membuat brosur adalah hal yang perlu anda lakukan untuk menarik pembeli baru. Buatlah desain brosur se menarik mungkin, lalu bagikan brosur tersebut di tempat umum seperti Dekat kampus, sekolah atau taman. Perhatikan juga jangan sampai brosur tersebut di buang oleh orang, karena akan merusak lingkungan, dengan cara memberikan sampel produk yang di tempel kan pada brosur. Cara tersebut sangat efektif dan pasti di baca oleh semua orang yang menerima brosur anda. Tapi sebelum membagikan perhatikan juga target konsumen anda, apakah digemari anak kecil, anak muda, dewasa atau semua kalangan.

4. Pasang Spanduk atau Banner

Spanduk adalah media promosi yang harus anda pasang untuk mengenalkan kepada orang yang lewat di stand usaha atau rumah anda. Buatlah desain spanduk atau banner yang jelas dan menarik, jangan lupa cantumkan juga website beserta sosial media produk anda, terkadang sebelum membeli orang akan melihat barang dagangan anda melalui website atau sosial media. baca juga tempat strategis untuk usaha makanan

5. Buat Diskon

Untuk produk baru sebaiknya lakukan teknik promosi ini untuk menarik pembeli baru. Dengan memberikan diskon orang akan tertarik untuk mencoba produk yang anda jual. Cantumkan diskon tersebut di banner, spanduk atau brosur yang anda bagikan. Anda juga bisa memberi diskon di hari-hari spesial seperti Lebaran, Natal atau tahun baru.

6. Menjadi Sponsor acara event atau Lomba

Teknik promosi ini biasanya di gunakan untuk perusahaan besar untuk mempromosikan produk mereka, misalnya saja Mizone pernah menjadi sponsor jalan sehat yang di adakan oleh walikota Surabaya. Atau produk rokok LA dan MILD yang menjadi sponsor konser musik. Untuk menjadi sponsor di acara besar tentu membutuhkan modal yang sangat besar.

Namun bagaimana dengan usaha produk makanan anda?, Bisa juga. Cobalah untuk menjadi sponsor acara kecil seperti di acara pensi, lomba di kampung. atau jalan sehat yang mungkin diadakan di kampung anda.

7. Buatlah kalender

Kalender atau cara yang unik dan jitu untuk melakukan promosi. Buatlah kalender dengan berbagai macam gambar tentang produk anda sebelum bulan desember, dan bagikan kepada orang yang membeli produk anda. Kalender yang anda bagikan tentu akan di pasang dirumah mereka, otomatis produk anda akan terus mereka lihat ketika melihat tanggal di kalender.

8. Promosikan dari mulut ke mulut

Teknik promosi ini bisa di bilang susah susah gampang.Karena yang ber promosi bukanlah anda tapi orang yang sudah membeli produk anda dan mengatakan ke teman mereka soal produk anda. Jika produk anda enak, maka dengan senang hati mereka akan merekomendasikan usaha anda ke teman-teman mereka, jika tidak enak mereka pasti akan mengatakan juga. Oleh karena itu pastikan produk makanan yang anda jual memiliki rasa yang enak dan menggunakan bahan-bahan yang aman serta sehat.

9. Pasang Iklan di Tabloid atau Koran

Saat ini masih banyak orang yang suka membaca koran atau pun tabloid. Jika anda memasang iklan produk anda di koran dan tabloid tentu berpeluang besar untuk di lihat, bahkan tertarik untuk membeli produk makanan anda. Biaya pemasangan Iklan gambar besar di Koran dan Tabloid cukup mahal, pastikan anda memiliki dana lebih untuk menyiapkan promosi dengan cara ini.

10. Berikan Pelayanan terbaik

Memberikan pelayanan terbaik adalah hal utama yang bisa menunjang kesuksesan usaha makanan ringan anda. Bersikaplah ramah kepada konsumen, layani mereka dengan sabar dan murah senyum, jangan tunjuk an sikap dan ekspresi yang kaku, konsumen sangat menyukai pemilik/penjaga toko yang ramah ketika melayani para pembeli.

Sudah disimak?, Apakah beberapa Ide promosi diatas sudah siap untuk anda lakukan. Memang promosi itu membutuhkan modal yang harus di keluarkan. Tapi percayalah, jika produk yang anda jual memiliki keunikan tersendiri pasti mudah dikenal orang. Semoga artikel Cara Mudah Promosi Produk Makanan supaya Laris ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan teknik promosi untuk usaha anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button